KEPALA DINAS SYARIAT ISLAM ACEH MENGISI DINUL ISLAM RAMADHAN 1442 H DI MAN 1 ACEH BESAR

admin 22 Apr 2021 berita

Samahani (22-4-2021) - Kepala Dinas Syariat Islam Aceh Dr. EMK Alidar, S. Ag, M. Hum mengisi kegiatan pada hari keempat Dinul Islam Ramadhan 1442 H yang dilaksanakan oleh MAN 1 Aceh Besar pada Kamis (22/4). Kegiatan Ramadhan yang berlangsung sejak 19 April sampai dengan 6 Mei 2021 ini menghadirkan beberapa narasumber termasuk dari Kemenag, DPRK, BNN, dan juga Balai Diklat Keagamaan (BDK) Aceh.
 
Calon guru besar dari Fakultas Syariah UIN Ar-Raniry tersebut di depan ratusan siswa (i) MAN 1 Aceh Besar menyampaikan materi terkait dengan "Pelaksanaan Syariat Islam Di Aceh ". Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Bidang Penyuluhan Agama Islam dan Tenaga Da'I DSI Aceh, Dr. Fikri Bin Sulaiman Islamil Lc, MA.
 
Materi disampaikan secara bergantian oleh kedua pejabat Dinas Syariat Islam Aceh tersebut. Mengawali tausiahnya Fikri menyampaikan motivasi kepada siswa (i) MAN 1 Aceh Besar agar tetap mempertahankan identitas keacehan yang identik dengan Islam.
 
"Perubahan dan pembentukan karakter atau perilaku sulit terjadi pada saat sudah dewasa, hari ini masyarakat Aceh sedang mengalami perubahan identitasnya dalam rangka mencari jati diri. Masyarakat Aceh sangat beruntung dengan adanya regulasi yang membentengi diri dari syariat" ungkap Fikri.
 
Lebih lanjut Fikri juga berpesan kepada siswa (i) MAN 1 Aceh Besar bahwa jika setiap individu maupun secara kolektif masih tetap mempertahankan identitas keacehan, maka secara tidak langsung kita masih tetap menjaga syari'at di provinsi Aceh yang istimewa ini.
 
Dr. EMK Alidar, S. Ag, M. Hum selaku Kepala Dinas Syariat Islam Aceh, dalam majelis yang sama juga menyampaikan pesan dan motivasi serta pengalamannya selama melaksanakan amanah sebagai Kadis DSI Aceh selama tiga tahun berjalan kepada seluruh peserta yang hadir.
 
"Jadilah generasi penerus yang meneruskan kejayaan Aceh di masa yang akan datang, banyak negara yang iri dengan kebebasan Aceh melaksanakan syari'at Islam. Oleh karena itu pertahankanlah identitas keislaman itu selaku masyarakat Aceh dimanapun berada" pungkas putra kelahiran Manggeng tersebut.
 
Dipenghujung acara Dr. EMK Alidar, S. Ag, M. Hum mewakafkan Al-Qur'an dan beberapa buku bacaan Agama dari Dinas Syariat Islam Aceh kepada perpustakaan MAN 1 Aceh Besar yang diterima langsung oleh kepala madrasah Arjuna, S.Pd, M.Pd dihadapan siswa (i) dan guru yang hadir. (Humas/Ulfa)