MEMBANGUN PERADABAN PEMUDA ISLAM BERSAMA JUANDA JAMAL DALAM DINUL ISLAM RAMADHAN 1442 H

admin 21 Apr 2021 berita

Samahani (22-4-2021) - Ketua Fraksi Partai Aceh (PA) Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Besar Juanda Jamal, ST mengisi kegiatan pada hari ketiga Dinul Islam Ramadhan 1442 H yang dilaksanakan oleh MAN 1 Aceh Besar (21/4). Kegiatan Ramadhan yang berlangsung sejak 19 April sampai dengan 6 Mei 2021 ini menghadirkan beberapa narasumber termasuk dari Kemenag, DPRK, BNN, Balai Diklat Keagamaan (BDK) Aceh dan juga dari Dinas Syariat Islam.
 
Mantan aktivis tersebut di depan ratusan siswa(i) MAN 1 Aceh Besar menyampaikan materi terkait dengan "Membangun Peradaban Pemuda Islam". Adapun yang bertindak sebagai moderator adalah Buni Amin,M.Pd.I
 
Juanda dalam paparannya menyampaikan beberapa motivasi untuk membangun masa depan dan peradaban Islam. "Peradaban akan terbentuk melalui pendidikan, pendidikan akan berdampak pada kebudayaan, melalui budaya akan terbangun perekonomian, melalui ekonomi akan terbangun perpolitikan," tutur Juanda.
 
Lebih lanjut Juanda juga berpesan kepada siswa (i) MAN 1 Aceh Besar bahwa masa depan Aceh ada ditangan pemuda Aceh sekarang. Sebagaimana diketahui bahwa Aceh pernah Berjaya dan menjadi salah satu kesultanan Islam yang paling sukses di nusantara baik dalam bidang politik, ekonomi dan intelektual. Bahkan pada abad ke-17, Aceh menjadi kekuatan politik dan ekonomi terkuat di bagian barat nusantara yang mampu membendung perkembangan kolonial Portugis.
 
Dipenghujung acara penulis buku "Aceh Lhee Sagoe" tersebut mengingatkan semua peserta agar senantiasa menciptakan kesempatan melalui kesukarelaan, persaudaraan dan silaturrahmi.
 
Beberapa buku Aceh Lhee Sagoe juga dihadiahkan oleh Juanda kepada perpustakaan MAN 1 Aceh Besar yang diterima langsung oleh kepala madrasah Arjuna, S.Pd, M.Pd dihadapan siswa (i) dan guru yang hadir. (Humas/Ulfa)