SIKAPI HASIL AUDIT KINERJA, MAN 1 ACEH BESAR LAKUKAN RAPAT TINDAK LANJUT

admin 25 Oct 2020 berita

Samahani (25/10/2020). Menindaklanjuti hasil temuan audit kinerja tusi 2.0 oleh tim audit dari Inspektorat Jenderal Kementerian Agama RI, Kepala Madrasah Aiyah Negeri 1 Aceh Besar laksanakan rapat evaluasi tindak lanjut hasil audit yang dilaksanakan pada hari kamis (22/10) bertempat di ruang guru MAN 1 Aceh Besar. Rapat ini dipimpin langsung oleh Arjuna, S.Pd, M.Pd selaku Kepala MAN 1 Aceh Besar yang dipandu oleh wakamad bidang Humas Maria Ulfa, S, Pd, M. Pd yang juga merangkap sebagai wakamad bidang kurikulum pada tahun yang di audit. 
 
Turut hadir dalam rapat ini, pengawas pembina madrasah Ratna Zaidah, S. Ag, M. Ed, seluruh dewan guru, staf, serta dan karyawan. Mengawali arahannya, kepala MAN 1 Aceh Besar menyampaikan bahwa rapat ini dilaksanakan guna mensikapi temuan hasil audit itjen Kementerian Agama dan perlu segera dilakukan tindak lanjut terhadap semua temuan tersebut. Karena penyelesaian tindak lanjut hasil temuan ini menjadi penting dalam langkah strategis untuk meningkatkan pembenahan dalam berbagai bidang, sekaligus juga membangun komitmen bersama dalam merespon poin-poin yang dijadikan rekomendasi tim audit. 
 
Dalam kesempatan yang sama pengawas pembina MAN 1 Aceh Besar berharap seluruh stakeholder MAN 1 Aceh Besar segera melakukan proses tindak lanjut hasil temuan audit. Ratna Zaidah juga menyampaikan bahwa dalam waktu dekat akan dilakukan penilaian kinerja kepala madrasah (PKKM) Tahun Pelajaran 2020/2021. Ratna berharap, temuan audit kinerja tusi 2.0 tersebut dapat meningkatkan kinerja kepala madrasah, guru dan karyawan di MAN 1 Aceh Besar. 
 
Ratna juga menegaskan bahwa, dalam waktu dekat akan ada penilaian yang lebih besar dari sekedar audit kinerja yaitu penilaian akreditasi MAN 1 Aceh Besar yang akan dilaksanakan pada tahun 2022 yang membutuhkan keseriusan semua keluarga besar MAN 1 Aceh Besar. Mengakhiri rapat evaluasi tindak lanjut hasil audit kinerja tusi 2.0 tersebut, Ratna selaku pengawas madrasah melakukan sosialisasi Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) yang merupakan instrument terbaru dalam penilaian akreditasi mulai tahun 2020 sekaligus bimbingan dan pengarahan persiapannya. 
 
Terdapat 4 (empat) standar yang akan menjadi penilaian utama dalam IASP 2020 diantaranya: (1) mutu lulusan; (2) proses pembelajaran; (3) mutu guru; dan (4) manajemen sekolah. Dengan demikian diharapkan melalui persiapan yang optimal semenjak sekarang, nilai akreditasi MAN 1 Aceh Besar tetap bertahan pada peringkat akreditasi A dengan kriteria sangat baik. Imbuh Ratna. (Humas/ Ulfa)